(123)456 7890 [email protected]

Estimasi Biaya Pembuatan Website Bisnis

Estimasi Biaya Pembuatan Website Bisnis

Website kini memiliki peranan semakin penting untuk suatu bisnis. Ini karena website bisa membantu meningkatkan brand awareness dan peluang penjualan. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui estimasi biaya pembuatan website.

Kenapa?

Karena dari estimasi ini, Anda bisa mempersiapkan budget yang digunakan untuk membuat website. Untuk tahu berapa estimasi harganya, simak info berikut.

  • Domain, Hosting, SSL

Untuk website bisnis, tentu Anda harus memiliki nama domain, hosting dan SSL untuk keamanan ekstra. Harga domain sekitar Rp14.000 hingga Rp170.000. Walaupun begitu, ada pula domain yang memiliki harga sekitar Rp120.000-Rp200.000.

Harga domain bisa sangat fantastis jika sebelumnya pernah digunakan dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu, harga juga bisa tergantung dari ekstensi dan penyedia domainnya.

Sedangkan harga hosting, ada yang menyediakan harga bulanan, tahunan, per 3 tahun. Harga hosting ini sekitar Rp339.000-Rp339.445.000 per tahunnya.

Harga hosting ini bisa tergantung dari jenis hosting yang Anda gunakan, server, kapasitas dan bandwidth, penyedia. Jadi, Anda harus mengetahui spesifikasi hosting yang Anda gunakan agar bisnis Anda maksimal.

SSL Sertifikat sendiri berfungsi untuk melindungi perusahaan dan pengunjung situs. Dengan begitu, transfer data sensitive lebih terjaga. Website yang sudah menggunakan SSL akan memiliki tanda ‘s’ pada ‘http’-nya dan memiliki gembok berwarna hijau.

Untuk harganya sendiri sangat beragam.Mulai dari nol rupiah hingga Rp211.528.200. Jadi, jika Anda memiliki website bisnis dengan data konsumen besar, maka gunakan SSL terbaik untuk keamanan website.

  • Tema atau Desain Situs

Untuk membuat tampilan website menjadi lebih menarik, maka Anda perlu menggunakan tema atau desain website yang tepat.

Estimasi Biaya Pembuatan Website Bisnis
Estimasi Biaya Pembuatan Website Bisnis

Untuk tema atau desain website untuk meringkas artikel, sebaiknya menggunakan tema berbayar. Harga berkisar antara Rp28 jutaan hingga Rp210 jutaan. Harga yang Anda temukan bisa lebih rendah bahkan bisa juga lebih tinggi.

  • UI/UX

Estimasi biaya pembuatan website juga dipengaruhi oleh UI dan UX dari website itu sendiri. Semakin responsive dan user friendly maka harga website akan semakin mahal.

Lalu berapa harganya UI/UX? Harga terbaiknyanya berkisar antara Rp42juta hingga Rp350 jutaan. Walaupun begitu, Anda harus menyesuaikan harga UI/UX ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Fitur E-commerce

Website e-commerce semakin banyak diminati. Namun, untuk membuat fitur e-commerce, maka Anda harus bersiap menyiapkan biaya sekitar Rp28 jutaan hingga Rp300 jutaan.

Harga tersebut bisa berbeda untuk beberapa tempat. Jadi, akan lebih baik untuk Anda agar menyeleksi terlebih dahulu pembuat website yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Itulah beberapa estimasi biaya pembuatan website yang perlu Anda ketahui. Ada banyak estimasi biaya lain yang harus Anda pahami seperti service dan maintenance agar website Anda memiliki performa mumpuni. Jadi, cari tahu dan tulis estimasi harga sesuai kebutuhan agar hasilnya maksimal.