(123)456 7890 [email protected]

Mengenal Dua Jenis SEO dalam Penulisan, Pemula Wajib Tahu

1. Mengenal Dua Jenis SEO Dalam Penulisan, Pemula Wajib Tahugbr

Jenis SEO dalam penulisan terbagi menjadi dua. Pertama adalah SEO on page, sedangkan yang satunya adalah SEO off page. Penerapan kedua jenis SEO tersebut sangat penting saat anda membuat konten atau artikel.

Dengan penerapan SEO yang baik, mesin pencari bisa lebih mudah menemukan konten anda. Hasilnya, konten anda bisa menempati posisi pertama di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Sebenarnya mesin pencari sendiri bukan hanya Google. 

Ada banyak mesin pencari lain seperti misalnya Bing, Yahoo, Altavista, Go, dan lain-lain. Namun Google memang yang paling banyak digunakan. SEO atau search engine optimization adalah metode optimasi mesin pencari dengan menargetkan keyboard tertentu pada sebuah konten artikel. 

Dengan metode satu ini, mesin pencari bisa lebih mudah menemukan konten anda. Sedangkan keyword itu sendiri adalah kata kunci yang sering diketikkan oleh orang yang mencari informasi. Sejauh ini, ada dua jenis SEO yang banyak digunakan oleh para penulis artikel. Langsung saja, ini dia penjelasannya.

Mengenal SEO On Page pada Penulisan

SEO on page adalah jenis SEO dalam penulisan yang dilakukan melalui penerapan keyword-keyword khusus pada artikel yang dibuat. Keyword ditempatkan sedemikian rupa agar mudah di crawling oleh mesin pencari seperti Google.

Biasanya anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan keyword yang tepat. Untuk melihatnya ada banyak tools SEO yang bisa digunakan seperti misalkan Google Keyword Planner, Keyword Planner Io, Keyword Tools, dan lain-lain.

Pada tools SEO tersebut anda bisa menemukan keyword dengan persaingan yang rendah, namun memiliki tingkat CPC tinggi sehingga bisa meningkatkan potensi penghasilan anda jika berbisnis dengan iklan per klik yang banyak tersedia di internet. Salah satunya adalah Google Adsense dan MGID.

Tak hanya keyword saja, anda juga harus memahami cara membuat konten yang berkualitas dan padat informasi. Ini juga merupakan bagian dari SEO on page. Jangan lupa juga untuk memberikan gambar ilustrasi yang menarik agar para pembaca bisa berlama-lama berada di konten atau website anda.

SEO Off Page pada Penulisan

Selain SEO on page, jenis SEO dalam penulisan lainnya adalah SEO off page. Berbeda dengan on page, jenis optimasi satu ini tidak condong pada artikel yang dibuat. Tapi lebih ke bagian yang lebih luas dan berada pada website secara keseluruhan.

Salah satu cara penerapan optimasi off page adalah dengan mencari backlink yang bagus. Backlink ini adalah link yang mengarah ke situs kita dari situs orang lain. Namun anda juga harus teliti dalam memilih backlink karena tidak semua backlink itu bagus. 

Carilah backlink dari situs berkualitas. Selain backlink, anda juga harus melakukan penerapan internal link. Bentuknya bisa artikel rekomendasi, atau link langsung yang saling mengarahkan antara konten satu dengan yang lainnya. 

Ini akan membuat kualitas blog anda semakin meningkat di mata Google karena bounce rate menurun dengan drastis. Hal terakhir yang harus anda pahami adalah cara melakukan penerapan meta keyword dan metadata pada website anda. 

Penerapan kedua hal tersebut bisa meningkatkan trafik dengan signifikan dan menambah pengunjung organik pada website atau blog anda. Karenanya pahami kedua jenis SEO dalam penulisan di atas agar web anda bisa semakin berkembang.