(123)456 7890 [email protected]

Pengertian Media Promosi dan Tujuan Melakukan Promosi

Pengertian Media Promosi dan Tujuan Melakukan Promosi

Pastinya Anda pernah mendengar kata promosi atau iklan. Untuk melakukan iklan ini, Anda perlu menggunakan media agar berita atau informasi promosi tersampaikan ke public. Namun, sebelum pembahasan lebih lanjut, simak pengertian media promosi dan tujuan dilakukannya promosi berikut ini.

Pengertian dari Media Promosi

Pengertian media promosi adalah sarana yang dipergunakan untuk mengkomunikasikan produk ataupun brand agar dikenali oleh masyarakat luas. Dari pengertian ini, media promosi memiliki arti yang luas dan tidak hanya sebatas penggunaan media digital saja.

Sebelum media digital, mulut ke mulut atau berbicara secara langsung adalah media tertua. Bahkan, ‘kekuatan’ media dari mulut ke mulut hingga saat ini masih sangat efektif. Apalagi untuk meningkatkan kepercayaan dari khalayak ramai misalnya terkait citra perusahaan atau suatu produk.

Seiring dengan berkembangnya zaman, media yang dipergunakan untuk promosi juga semakin banyak. Mulai dari media cetak seperti brosur dan koran hingga media digital seperti media sosial. Masing dari media tersebut memiliki plus minus tersendiri. Karena itu, pemilihan media bisa disesuaikan dengan cara mempromosikan produk di sosmed ataupun tempat yang lainnya.

Pengertian Media Promosi dan Tujuan Melakukan Promosi
Pengertian Media Promosi dan Tujuan Melakukan Promosi

Fungsi dan Tujuan Promosi

Lalu, apa fungsinya melakukan promosi di media promosi? Ada beberapa fungsi dan tujuan mengapa suatu perusahaan ataupun seseorang melakukan promosi sebagai berikut:

  • Menginformasikan:
    1. Memberitahu khalayak ramai atau pasar tentang keberadaan dari suatu produk.
    2. Memperkenalkan bagaimana cara pemakaian atau penggunaan dari produk tersebut.
    3. Menyampaikan mengenai perubahan harga atau promo menarik seperti diskon dan cashback ke konsumen.
    4. Membantu memberikan informasi valid sehingga mengurangi ketakutan dan kekhawatiran dari konsumen.
    5. Membangun citra perusahaan.
  • Mempengaruhi dan Membujuk:
    1. Membentuk pilihan merek atau produk.
    2. Mengalihkan perhatian konsumen agar memilih produk yang Anda promosikan.
    3. Mendorong agar konsumen berbelanja saat itu juga.
  • Mengingatkan
    1. Mengingatkan atas produk ataupun yang berkaitan dengan perusahaan.
    2. Mengingatkan mengenai tempat yang menjual produk tersebut.
    3. Membangun suatu ingatan terkait produk ataupun brand pada konsumen.

Jenis Media Promosi

Pada dasarnya, ada 2 jenis media promosi yaitu:

  • Offline

Media promosi offline ini contohnya adalah media cetak, elektronik seperti radio dan televisi, dan promosi lewat event. Promosi secara offline dilakukan untuk menjangkau masyarakat yang tidak menggunakan media online seperti website. Biasanya, sasaran pasar dari iklan ini adalah orang yang ada di sekitar perusahaan tersebut.

  • Online

Media promosi online adalah media yang digunakan untuk beriklan lewat internet, misalnya lewat media sosial. Media promosi  jenis ini kini banyak dipergunakan karena berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah karena sasaran pasarnya lebih luas. Dengan begitu, informasi yang ada dalam promosi tersebut bisa menyebar dengan lebih cepat dan luas.

Itulah pengertian media promosi, fungsi dan tujuannya. Dengan informasi ini, semoga Anda semakin mempertimbangkan penggunaan media promosi agar penjualan dan tujuan marketing terpenuhi.