(123)456 7890 [email protected]

Pengertian Media Sosial dan Jenisnya

Pengertian Media Sosial dan Jenisnya

Secara keseluruhan, pengertian media sosial adalah media daring untuk memudahkan untuk berinteraksi secara online. Dari pengertian ini, awalnya media sosial hanya dipergunakan untuk berkomunikasi. Namun, lama kelamaan, sosial media digunakan juga untuk keperluan lain seperti berbisnis.

Karakteristik Media Sosial

Walaupun ada banyak platform di internet, apakah ada karakteristik khusus untuk media sosial? Ada karakteristik khusus dari media sosial dan berikut karakteristiknya.

  • Partisipasi Pengguna

Sebagai media yang dijadikan tempat untuk berinteraksi, maka sosial media perlu partisipasi dari penggunanya. Baik dalam memberikan komen, menggunakan caption untuk sosial media marketing atau hanya sekedar like dan view video saja yang diterima oleh banyak orang.

  • Keterbukaan

Karakteristik sosial media adalah terbuka. Penggunanya berkesempatan untuk melakukan aktivitas seperti memberikan komentar dengan bebas tanpa melalui gatekeeper.

  • Perbincangan

Sebagian besar media sosial memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dan berbincang mengenai konten tertentu. Adanya perbincangan tersebut menunjukkan suatu reaksi dari konten ataupun pesan lain yang sebelumnya dikirim.

  • Keterhubungan

Lewat sosial media, para penggunanya bisa terhubung satu dengan yang lain, misalnya lewat link ataupun sumber informasi lainnya.

Pengertian Media Sosial dan Jenisnya
Pengertian Media Sosial dan Jenisnya

Fungsi Media Sosial

Lalu, apa fungsi sosial media? Seperti yang dikatakan sebelumnya dalam pengertian media sosial, sosmed memiliki fungsi utama sebagai media untuk berkomunikasi. Namun, seiring dengan perkembangannya fungsi dari sosial media adalah sebagai berikut ini:

  1. Memperluan interaksi antar manusa dengan menggunakan teknologi internet.
  2. Menciptakan suatu komunikasi dialogis antara banyak orang.
  3. Membangun personal branding ataupun untuk branding perusahaan.
  4. Media komunikasi antara perusahaan dengan pelanggannya.

Jenis Media Sosial

Walaupun ada banyak media sosial, namun, masing-masing media sosial tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Menurut Kaplan dan Haenlein dalam, Bisnis Horizon (2000), sosial media dibagi menjadi 6 jenis, yaitu”

Proyek Kolaborasi: Sosial media yang masuk golongan ini memungkinkan user untuk menambah, menghapus, mengubah konten yang ada dI website atau sosial media.

  1. Blog dan Microblog: jenis media sosial ini memungkinkan penggunanya untuk mengekspresikan sesuatu di blog ataupun website. misalnya mengenai kritik ataupun review terkait produk.
  2. Konten: jenis media sosial ini memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan klik pada setiap kontennya. Konten yang dimaksud tidak hanya video, namun juga gambar ataupun ebook.
  3. Situs jejaring sosial yang memungkinkan untuk terhubung dengan orang lain misalnya facebook/
  4. Virtual game world: dunia maya yang memungkinkan Anda untuk membentuk sesuatu dan berinteraksi dengan orang lain layaknya kehidupan nyata. Contoh media sosial ini adalah game online.
  5. Virtual social world yang memungkinkan user terasa seperti hidup di kehidupan maya dan bebas untuk berinteraksi dengan orang lain.

Itulah pengertian media sosial dan jenisnya yang perlu Anda tahu. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat ya untuk Anda.