(123)456 7890 [email protected]

Sidobi, Website untuk Meringkas Artikel dari BPPT

Sidobi, Website untuk Meringkas Artikel dari BPPT

Meringkas artikel termasuk sebagai salah satu hal yang merepotkan bagi sebagian orang. Hal tersebut disebabkan karena Anda harus membaca dan memahami apa isi dari artikel tersebut sebelum menyimpulkannya. Namun, kini hal tersebut akan lebih mudah dengan SiDobi yang merupakan website untuk meringkas artikel.

Apa itu Sidobi?

Sidobi merupakan aplikasi berbasis web. Jadi dapat dikatakan website ini memiliki tampilan sederhana yang bisa diakses secara online. sistem ikhtisar dokumen untuk Bahasa Indonesia ini sendiri dikembangkan oleh BPPT atau Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Sidobi, Website untuk Meringkas Artikel dari BPPT
Sidobi, Website untuk Meringkas Artikel dari BPPT

Sidobi merupakan aplikasi berbasis website yang open source. Website yang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrogramannya ini bisa dikembangkan developer lainnya. Dengan begitu, jika anda memiliki kemampuan di bidang pemrograman, maka Anda bisa mengembangkan website agar lebih sempurna.

Bagaimana cara kerjanya?

Sidobi ini bekerja dengan cara mengambil sumber informasi, misalnya artikel dan kemudian mengekstrak isinya. Setelah itu, ikhtisar atau isi dari dokumen tersebut bisa ditampilkan berdasarkan pada keinginan dari pengguna. Dengan kata lain, sebagai user atau pengguna, Anda bisa mengatur panjang pendek ringkasan berdasarkan pada kebutuhan.

Dengan begitu, hasil dari ringkasan juga bisa disesuaikan. Misalnya anda hendak merangkum artikel hanya dalam 1 lembar dokumen saja. Maka Anda bisa mengaturnya agar tidak lebih dari 1 dokumen sesuai dengan yang Anda inginkan. Bahkan, website untuk meringkas artikel ini juga bisa meringkas isi dokumen hanya dalam beberapa kata atau beberapa kalimat saja.

Jika dilihat dari cara kerja Sidobi tersebut, pada dasarnya website tersebut tidak jauh berbeda sistemnya dengan cara manual dengan menggunakan kaidah baku. Namun, sidobi memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Mudah untuk digunakan.
  2. Hasil ringkasan yang cukup akurat. Hal ini disebabkan karena Sidobi memiliki sistem yang akan membaca keseluruhan artikel sebelum akhirnya meringkas. Jadi, point-point penting yang ada di artikel dapat diringkas dengan baik.
  3. Open source sehingga bisa dikembangkan oleh siapa saja.
  4. User friendly.
  5. Panjang ringkasan bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Sayangnya, tampilan dari sidobi ini terlalu sederhana. Bahkan terlihat tidak menarik sama sekali karena hanya memiliki tampilan dasar saja. Tidak ada gambar interaktif sama sekali. Jadi, untuk Anda yang mencari nilai estetika dalam interface website ini, maka Anda tidak akan menemukannya.

Selain itu, kekurangan lainnya adalah aplikasi berbasis website ini belum sempurna jadi ada kemungkinan terjadi error. Jadi ada baiknya jika Anda mencobanya lebih dahulu sebelum menggunakannya untuk meringkas artikel yang cukup panjang.

Cara Penggunaannya

Untuk menggunakan, Anda bisa langsung ke sidobi(dot)sourceforge(dot)net. Setelah itu lakukan tahapan seperti ini untuk meringkas artikel yang ada di website:

  1. Klik bagian URL lalu paste di kolom yang tersedia.
  2. Isi bagian filter relatif dengan persentase atau keakuratan dan mutlak jumlah kata atau maksimal kata/kalimat untuk ringkasan.
  3. Setelah itu klik ikhtisar.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan website untuk meringkas artikel. Namun, yang perlu diperhatikan adalah, karena website ini belum sempurna, ada kalanya jika terjadi eror untuk meringkas artikel tersebut.