(123)456 7890 [email protected]

Bagaimana membuat logo menggunakan photoshop

Bagaimana membuat logo menggunakan photoshop

Photoshop CC tidak dibuat dengan desain logo. Salah satu kualitas fundamental dari sebuah logo adalah kemampuan untuk memperbesar dan memperkecil tanpa kehilangan kualitas. Inilah mengapa perangkat lunak berbasis vektor, seperti Illustrator, adalah opsi yang disukai untuk membuat logo, di mana basis piksel Photoshop kurang cocok. Untuk informasi lebih lanjut tentang mendesain logo menggunakan Illustrator, lihat panduan praktis ini , yang akan membawa Anda melalui proses, dari konsep hingga penyelesaian.

 

Tapi apa kekurangan Photoshop dalam aplikasi, itu lebih dari sekadar menebus popularitas, terutama jika dibandingkan dengan Illustrator CC . Jadi jika Anda perlu mengetahui cara membuat logo yang menonjol, tetapi tidak ingin membayar perangkat lunak yang tidak Anda perlukan, tutorial ini cocok untuk Anda. Kami akan memandu Anda melalui cara mendesain logo dasar di Photoshop, menggunakan alat bentuk sederhana, gradien, dan opsi teks. Jelajahi opsi ini dan Anda akan membuat logo Anda sendiri di Photoshop dalam waktu singkat. Kami menggunakan Photoshop CS6, tetapi proses yang sama berlaku untuk versi lain.

 

Dapatkan Adobe Creative Cloud sekarang

Ketika benar-benar mendesain logo Anda sendiri, Anda mungkin perlu mulai memikirkan identitas dan gaya merek. Untuk inspirasi lebih lanjut, buka panduan pro kami untuk desain logo , yang memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang dunia logo.

 

  1. Buat kanvas baru

Atur garis kisi Anda setiap 50 piksel

Buka Photoshop dan buat dokumen baru. Saya menggunakan ukuran kanvas 500px x 500px, tetapi ukuran yang lebih besar juga bisa digunakan. Anda dapat mengubah ukuran kanvas kapan saja. Masuk ke Photoshop> Preferensi untuk mengatur garis kisi setiap 50px. Kemudian aktifkan kisi, di kanvas, dengan menekan cmd + ‘ atau Lihat> Tampilkan di bilah Opsi. Pastikan Snap to Grid dinyalakan, di bawah View> Snap to.

 

  1. Gambarlah bentuk dasar

Buat bentuk panah

Pilih Pen tool di toolbar, atau dengan menekan P , dan pastikan itu diatur ke Shape di sebelah kiri bar Options, bukan Path. Gunakan pena untuk menggambar bentuk kepala panah, dimulai dari titik tengah kanvas dan gunakan perpotongan garis kisi untuk titik lainnya. Penamaan lapisan tidak diperlukan untuk proyek ini, tetapi dapat membantu dalam dokumen yang lebih rumit, di mana terdapat banyak lapisan.

 

  1. Gandakan dan edit bentuk

Gandakan layer Anda sehingga Anda dapat mengedit bentuknya

Gandakan layer, dengan menekan cmd + J dan klik pada layer baru untuk memilihnya. Gunakan alat Seleksi Langsung, pintasan A , untuk mengklik titik paling atas dari kepala panah, yang terletak di tengah kanvas. Pindahkan titik ini ke bawah beberapa kotak kotak, tahan tombol Shift agar tetap terkunci pada sumbu y.

 

  1. Tambahkan warna dengan gradien

Gradien masih menjadi tren dalam desain logo, jadi tambahkan satu ke logo Anda

Buat gradien baru di menu tarik-turun Isi, di sebelah kiri bilah Opsi. Di jendela gradien, klik dua kali pada bilah geser bawah untuk menampilkan opsi RGB, di mana Anda dapat memilih warna; Saya memilih warna biru muda dan tua. Kemudian terapkan gradien ini ke kedua objek, ubah rotasi gradien sehingga saling berlawanan. Jika Anda tidak dapat melihat opsi Isi, itu mungkin karena Anda mungkin telah memilih alat Pindah, jadi beralihlah ke alat Pena atau Bentuk.

 

  1. Kelompokkan dan duplikat layer Anda

Rapikan semuanya dengan mengelompokkan lapisan Anda

Kelompokkan dua lapisan dengan memilihnya dan menekan tombol grup, yang terlihat seperti folder kecil, terletak di bagian bawah tab Lapisan. Ini mencegah tab Layers menjadi berantakan dan membuatnya lebih mudah untuk menangani dua lapisan secara bersamaan. 

 

Gandakan grup ini dan gunakan fungsi Free Transform untuk memutar grup baru sembilan puluh derajat, dengan menahan tombol Shift untuk memutar secara bertahap lima belas derajat. Anda dapat mengakses Free Transform menggunakan cmd + T atau di bawah Edit> Free Transform. Sekarang pindahkan kelompok kedua ke atas, sampai itu mencerminkan bentuk aslinya, menggunakan bagian tengah kanvas sebagai garis simetri.

 

  1. Ubah bentuk

X menandai titiknya. Mungkin 

Geser setiap bentuk ke atas atau ke bawah satu kotak kotak, menjauh dari titik tengah, menggunakan tombol Shift + kursor.

 

  1. Kelompokkan, duplikat, ulangi

Buat bentuk yang lebih rumit dengan menduplikasi yang Anda miliki

Menggunakan metode yang sama dari langkah # 5 untuk mengelompokkan layer menjadi satu, duplikat grup dan putar sembilan puluh derajat. Bentuk baru harus menyerupai bentuk garis bidik.

 

  1. Gambarlah lingkaran dengan alat bentuk

Ukir beberapa ruang kami di logo Anda dengan menambahkan lingkaran

Siklus melalui alat Shape sampai Anda menemukan lingkaran, baik dengan mengklik-dan-berpegangan pada ikon pada toolbar atau menekan Shift + U . Klik pada titik tengah kanvas, tahan Alt untuk menggambar lingkaran yang memancar dari tengah, dan Shift untuk menjaga lebar dan tinggi proporsional. Jika Anda membuat kesalahan, Anda dapat membatalkan atau mengedit ulang bentuk Anda menggunakan Free Transform.

 

  1. Gambar sebuah persegi panjang dan sejajarkan ke tengah

Beri ruang untuk teks dengan persegi panjang

Gulirkan kembali alat bentuk, sampai Anda menemukan alat persegi panjang. Gambar kotak putih di seluruh grafik, di atas lapisan lainnya, buat cukup ruang untuk teks. Anda dapat menyelaraskan ini ke tengah kanvas dengan mengklik pada lapisan persegi panjang dan lapisan bawah (yang seharusnya persegi putih, ukuran yang sama dengan kanvas) dan menggunakan alat penyelarasan, baik ditemukan di bawah Lapisan> Align di Menu Bar atau tombol ratakan di bilah opsi. 

 

Pengguna yang lebih mahir dapat menggunakan persegi panjang ini untuk mengurangi bentuk di bawah, menggunakan Layer> Combine bentuk, tetapi untuk saat ini kita hanya akan tetap menggunakannya sebagai balok putih.

 

  1. Tambahkan teks Anda

Kami akan menyebut logo kami ‘kepingan salju’. Jangan tersinggung

Gambar kotak teks di atas persegi panjang, dengan mengklik ikon T di toolbar atau menekan T , lalu menyeret melintasi kanvas. Ketikkan teks Anda ke dalam kotak dan pusatkan, menggunakan tombol di tab Karakter. Gunakan alat perataan lagi untuk memusatkan ini ke kanvas.

 

  1. Pilih jenis huruf yang sesuai

Mendapatkan jenis huruf yang tepat untuk merek Anda adalah kuncinya

Pilih jenis huruf yang sesuai dengan merek Anda. Ada banyak font gratis di luar sana, tetapi sangat penting untuk memilih salah satu yang Anda memiliki izin untuk menggunakannya – lihat kumpulan font gratis kami untuk beberapa ide untuk membantu Anda memulai. Karena logo ini mungkin muncul di banyak aset Anda, akan menjadi berita buruk untuk menggunakan jenis huruf yang diunduh secara ilegal. Bermain-main dengan ukuran dan warna sampai Anda menyukai apa yang Anda lihat.

 

  1. Sesuaikan kerning Anda

Jangan lupa kern teks Anda

Kern teksnya. Ini berarti menyesuaikan jarak horizontal antara huruf-huruf individual, memaksimalkan keterbacaan kata. Anda dapat melakukan ini di bawah tab Type, yang ditandai dengan V | A, atau dengan mengklik di antara huruf dan menekan alt + kiri atau alt + kanan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kerning, lihat posting kami tentang cara mengetik kern .

 

  1. Tambahkan detail akhir dan ekspor

Jangan lupa simpan sebagai file psd agar nantinya bisa mengedit logo Anda

Buat penyesuaian akhir yang Anda butuhkan untuk memberikan sesuatu yang spesial. Untuk gambar utama di bagian atas halaman ini, saya menambahkan dua bilah yang lebih kecil di atas dan di bawah teks, diwarnai dengan gradien yang sama. Saya juga menambahkan latar belakang, bayangan dan refleksi, menggunakan teknik yang mirip dengan langkah lainnya, serta menggunakan layer mask untuk menambahkan fade. 

 

Saat Anda senang, simpan gambar dalam format apa pun yang Anda butuhkan. Saya menggunakan RGB jpg di sini untuk format web, tetapi juga menyimpannya sebagai psd sehingga saya dapat kembali dan membuat perubahan