(123)456 7890 [email protected]

Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text

Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text

Istilah anchor text bukanlah sesuatu yang baru terutama untuk Anda yang berkecimpung di bidang website dan blogging. Anchor text akan sangat efektif untuk digunakan mengoptimasi SEO jika cara membuat anchor text tepat.

Pengertian Anchor Text dan Fungsinya

Anchor text merupakan potongan text tautan yang bisa diklik. Anchor text memiliki tampilan warna yang berbeda dan digarisbawahi. Fungsi utamanya adalah memberikan informasi ke pengguna serta mesin pencari mengenai tautan yang dilampirkan.

Fungsi dari anchor text yaitu:

  1. Untuk mesin pencari: digunakan untuk melihat relevansi konten dan penilaian dari mesin pencari. Jika dari anchor tersebut tidak ditemukan relevansi antara anchor dan isi link-nya, maka mesin pencari bisa memberikan ‘hukuman’. Misalnya penurunan ranking website.
  2. Untuk visitor: membantu memahami artikel yang sedang dikunjungi dan menawarkan artikel lain untuk dikunjungi.

Penerapan Anchor Text

Tidak dapat dipungkiri jika anchor text dan link atau tautan tidak bisa dilepaskan. Bedanya, dalam meletakkan anchor text Anda harus memperhatikan konten yang Anda buat agar senatural mungkin. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari ‘hukuman’ dari Google dan membuat visitor nyaman untuk membaca konten Anda.

Penggunaan jumlah anchor text juga perlu diperhatikan dengan baik. Jika Anda menargetkan 100 artikel dengan DA dibawah 10 untuk backlink di 100 website 2.0, hitungan amannya adalah:

  1. 70 artikel menggunakan metode branded anchor.
  2. 20 artikel menggunakan sisipan link anchor.
  3. 5 artikel menggunakan generic anchor.
  4. 3 artikel menggunakan metode partial match.
  5. 2 artikel menggunakan exact match.

Penggunaan branded anchor lebih banyak disebabkan Anda menaruh backlink di website dengan DA kecil. Jika Anda hendak bermain exact match, maka Anda harus menaikkan dahulu DA blog hingga di angka 20-30. Sebagai pengganti exact match, Anda bisa menggunakan internal link di artikel pendukung agar lebih aman.

Cara Membuat Anchor Text

Ada 2 cara untuk membuat anchor text yaitu manual dan blok text. Jika dibandingkan, cara block text karena lebih mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan untuk pemula sekalipun. Untuk tahu caranya, simak informasi ini:

  • Cara Manual
  1. Untuk membuat anchor text dengan cara manual, setidaknya Anda harus tahu cara penulisan coding dengan bahasa HTML. Misalnya untuk text link ‘coba dulu’ dengan link mengarah ke https://websiteandasendiri.com/fungsi-anchor-text/. Maka penulisannya adalah <a href=” https://websiteandasendiri.com/fungsi-anchor-text/”>coba dulu</a>.
  2. Nantinya, ketika di klik, maka Anda akan diarahkan ke link yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika Anda hendak menggunakan 1 link untuk berbagai macam anchor text, maka Anda harus menggunakan anchor text yang berbeda.
  • Cara Block Text
Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text
Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text

Untuk membuat anchor text dengan block text, Anda harus masuk ke halaman postingan yang sedang Anda buat. Caranya adalah:

  1. Buat kontennya terlebih dahulu dan tentukan anchor textnya, misalnya coba dulu.
  2. Block kata ‘coba dulu’ kemudian pilih icon rantai di toolbar text editor.
  3. Paste link yang akan dijadikan tujuan anchor text. Enter.
  4. Hyperlink selesai, simpan lalu upload.

Dengan cara membuat anchor link tersebut, Anda bisa mengoptimasi SEO di website Anda. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.